Begitu mudah kah para Koruptor lari ke luar negeri?

Banyak buron kasus pidana termasuk koruptor, hidup aman-aman saja di luar negeri, entah berapa banyak para pelaku tindak kriminal itu dengan mudahnya kabur ke luar negeri, dan itu terjadi karena pemerintah lalai alias terlambat melakukan pencekalan. Mantan Menkumham Hamid Awaluddin mengakui bahwa Indonesia tertinggal jauh di bidang teknologi keimigrasian. Menurutnya, dulu pada tahun 2006, ada rencana untuk membangun sistem pencekalan daring di lima pelabuhan besar di Indonesia, yaitu di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Batam. Adooh, itu dulu kan pak, sekarang sudah tahun 2010.
Ketika ada indikasi seorang pelaku kasus kriminal sudah melarikan diri ke luar negeri, masih seperti yang dulu, pihak Imigrasi selalu beralasan tidak melakukan pencekalan karena kami belum menerima perintah resmi dari Kepolisian. Sementara pihak Bareskrim berkelit, bahwa secara informal permintaan pencekalan itu sudah kami sampaikan. Wow begitu sulitnya membangun kerja-sama antar lembaga atau intansi di pemerintahan ini. Begitu sulitnya membangun sistem pencekalan yang efektif. Lantas, sampai kapan sistem pencekalan yang buruk dan terlalu birokratis ini akan terus dipertahankan ?!

Jawaban teks berita atau artikel dari internet

Setelah kami diskusikan mengenai teks berita atau artikel dari internet tersebut,kami setuju dengan berita tersebut.Kami setuju dengan berita tersebut karena terlambatnya pemerintah dalam melakukan pencekalan dan rencana sistem untuk membangun pencekalan yang tidak berjalan baik bahkan belum berjalan hingga sampai saat ini sehingga para koruptor pun dengan mudah melarikan diri ke luar negeri.Dan solusi dari kami yaitu sebaiknya pemerintah lebih berani menjalankan kebijakannya tersebut dan pemerintah seharusnya jangan hanya banyak mengeluarkan kebijakan tapi harus di imbangi dengan praktiknya.

Tugas Kelompok Bahasa Indonesia

Nama Anggota kelompok : Adeska Aprilia
Alfian Windias
Yance Ibnu Qalam

Kelas : XI_IPA 1

SMA PUSAKA 1 JAKARTA

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s