Penebangan kayu dihutan yang semakin merajalela

PENEBANGAN KAYU DI HUTAN HUJAN
Salah satu sebab utama perusakan hutan hujan adalah penebangan pohon. Banyak tipe kayu yang digunakan untuk perabotan, lantai, dan konstruksi diambil dari hutan tropis di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Dengan membeli produk kayu tertentu, orang-orang di daerah seperti Amerika Serikat secara langsung membantu perusakan hutan hujan.

Walau penebangan hutan dapat dilakukan dalam aturan tertentu yang mengurangi kerusakan lingkungan, kebanyakan penebangan hutan di hutan hujan sangat merusak. Pohon-pohon besar ditebangi dan diseret sepanjang hutan, sementara jalan akses yang terbuka membuat para petani miskin mengubah hutan menjadi lahan pertanian. Di Afrika para pekerja penebang hutan menggantungkan diri pada hewan-hewan sekitar untuk mendapatkan protein. Mereka memburu hewan-hewan liar seperti gorila, kijang, dan simpanse untuk dimakan.

Penelitian telah menemukan bahwa jumlah spesies yang ditemukan di hutan hujan yang telah ditebang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jumlah yang ditemukan di hutan hujan utama yang belum tersentuh. Banyak hewan di hutan hujan tidak dapat bertahan hidup dengan berubahnya lingkungan sekitar.

Penduduk lokal biasanya bergantung pada penebangan hutan di hutan hujan untuk kayu bakar dan bahan bangunan. Pada masa lalu, praktek-praktek semacam itu biasanya tidak terlalu merusak ekosistem. Bagaimanapun, saat ini wilayah dengan populasi manusia yang besar, curamnya peningkatan jumlah orang yang menebangi pohon di suatu wilayah hutan hujan bisa jadi sangat merusak. Sebagai contoh, beberapa wilayah di hutan-hutan di sekitar kamp-kamp pengungsian di Afrika Tengah (Rwanda dan Congo) benar-benar telah kehilangan seluruh pohonnya.

AGRIKULTUR DI HUTAN HUJAN
Setiap tahun, ribuan mil hutan hujan dihilangkan untuk kegunaan pertanian. Dua kelompok yang tidak bertanggung jawab dalam mengubah hutan hujan menjadi tanah pertanian adalah petani miskin dan perusahaan besar.

Para petani miskin di banyak bagian dunia bergantung pada pembersihan hutan untuk menghidupi keluarganya. Tanpa akses ke tanah pertanian yang lebih baik, mereka menggunakan cara tebang-dan-bakar untuk membersihkan bidang-bidang tanah di hutan untuk periode waktu yang pendek. Biasanya mereka bercocoktanam di bidang tanah tadi untuk beberapa tahun hingga tanah kehabisan nutrisi dan mereka harus berpindah ke suatu bidang tanah baru di dalam hutan.

Perusahaan-perusahaan pertanian saat ini membersihkan lebih banyak hutan hujan dibandingkan sebelum-sebelumnya, terutama di Amazon dimana banyak bidang tanah di hutan yang diubah menjadi lahan kedelai. Beberapa ahli percaya bahwa pada suatu saat Amerika Selatan akan mempunyai wilayah pertanian yang luasnya dapat menyaingi yang ada di Amerika bagian tengah barat. Banyak dari tanah pertanian ini akan harus mengorbankan hutan hujan Amazon.

PERAN KEMISKINAN DALAM PENEBANGAN HUTAN
Kemiskinan mempunyai peran besar dalam penebangan hutan. Hutan hujan dunia ditemukan di wilayah-wilayah termiskin di muka bumi. Orang-orang yang tinggal di dan di sekitar hutan hujan bergantung pada ekosistem ini untuk kehidupan mereka. Mereka mengumpulkan buah-buahan dan kayu, memburu hewan liar agar dapat makan daging, dan dibayar oleh perusahaan-perusahaan yang memeras sumber alam dari hutan.

Kebanyakan orang miskin di sana tidak memiliki pilihan yang di daerah-daerah Barat dapat diambil begitu saja. Mereka hampir selalu tidak punya pilihan untuk melanjutkan kuliah atau menjadi dokter, pekerja pabrik, atau sekretaris. Mereka harus hidup dari lingkungan sekitar mereka dan menggunakan sumber alam apapun yang dapat mereka temukan untuk hidup. Kemiskinan mereka merugikan seluruh dunia melalui berkurangnya hutan hujan tropis dan kehidupan liarnya. Tanpa menyediakan bantuan untuk orang-orang ini, hutan hujan tak akan bisa diselamatkan.

Pertanyaan :

1. Setujukah kalian dengan permasalahan diatas ?
2. Berikan alasannya mengapa kalian setuju/tidak setuju ?
3. Berikan solusinya !

Jawaban dari kami :
1. Setuju
2. Karena banyak orang-orang yang menebang pohon secara liar untuk kebutuhannya sendiri. Dan mereka tidak bertanggung jawab, karena tidak menanam pohon kemali. Jika sudah begitu, maka peresapan air di muka bumi semakin menipis. Yang mengakibatkan bisa terjadi banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya.
3. Solusinya : Jika kita ingin menebang pohon, maka kita harus bertanggung jawab. Dengan cara menanam pohon kembali, agar peresapan air dibumi semakin banyak, dan dapat mengurangi bencana alam yang ada di muka bumi.

Sumber:
http://www.google.com
http://www.wikipedia.com

Tugas Bahasa Indonesia
Dibuat oleh :
· Gheanissa Kurnia
· Maya Ainun Nizar
· Emi Eliawati
· Fissa Bella
Kelas : 2 Ipa 2
Kelompok 5

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s